MANFAAT SAYUR KINCUNG

Manfaat Sayur Kincung
========================










Kincung adalah sayuran bunga sejenis kecombrang yang bisa di buat obat seperti Obat Titan Gel dan banyak dipakai oleh masyarakat Batak. Meskipun beberapa literatur menyebutkan Kincung hanyalah nama lain dari Kecombrang, namun sebenarnya secara penampilan agak beda. Mungkin beda spesies. Kalau di Jawa, Kecombrang itu kelopak bunganya nampak kecil-kecil agak mekar. Sedangkan sayuran bunga dari Batak ini lebih nampak kuncup dan muda kelopaknya.

Sama dengan Kecombrang, Kincung juga mengeluarkan aroma yang menyengat. Namun justru aroma inilah yang akan membuat masakan jadi lebih sedap. Kalau di Batak sana biasanya masaknya dengan dicampur bumbu andaliman. Kalau di Jawa, biasanya direbus saja sebagai lalapan bersama Urab atau Pecel. Meskipun baunya sedikit bikin pusing bagi yang tidak doyan, namun ternyata sayuran bunga ini memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan loh. Apa sajakah manfaat Kincung untuk kesehatan?





1. Redakan Nyeri Asam Lambung

Manfaat Kincung sangat baik untuk mengobati nyeri asam lambung. Maksudnya adalah sensasi sakit nyeri perut karena berlebihannya produksi asam lambung. Penyakit ini lebih dikenal oleh masyarakat sebagai maag. Nah, untuk mengobatinya, anda hanya perlu memakan sayur jenis kecombrang ini.
2. Mengandung Zat Besi yang Melimpah

Kandungan zat besi yang melimpah di dalam Kincung begitu ampuh untuk menaikkan HB. Biasanya seseorang yang sedang kelelahan akut HB nya kan rendah. Nah sayuran bunga ini ternyata bisa diandalkan untuk melejitkan kadar hemoglobin itu. Harapannya, kelelahan pun akan perlahan sembuh.
3. Terdapat Kandungan Kalium

Kalium amat baik untuk elektrolit. Dengan konsumsi sayuran Kincung ini, maka tubuh anda takkan kena lagi yang namanya kekurangan energi hingga menyebabkan lemas. Karena aliran energi di tubuh anda bakalan lancar.
4. Menjadi Sumber Protein

Bunga Kincung juga merupakan sumber protein yang baik untuk tubuh. Dengan memakan bunga ini, maka tubuh anda pun akan memiliki sumber protein tinggi yang aman. Otot dan seluruh jaringan sel bakal terbentuk sempurna. Dan anda pun pada akhirnya memiliki kualitas tubuh yang juara, baik secara postur maupun kesehatan.
5. Memiliki Kadar Lemak yang Rendah

Kadar Lemak di dalam bunga Kincung amatlah rendah. Sayuran ini bisa digunakan untuk menu diet anda. Alternatif diet supaya tidak lagi memiliki lemak yang menumpuk di perut. Dengan mengonsumsi sayuran bunga ini, bobot tubuh akan berkurang secara simultan.
6. Mengaktifkan Hormon dan Enzim

Kadar hormon dan enzim di dalam sayuran bunga kincung juga amat baik untuk tubuh anda. Membuat anda menjadi mudah dalam menyerap gizi makanan. Dan pada akhirnya tubuh anda pun bakal meresponnya menjadi kesehatan organ fisik secara total.
7. Mengandung Serat Pangan

Kandungan serat pangan di dalam manfaat Kincung amat baik untuk melancarkan metabolisme energi. Karena tubuh akan mampu menyerap sari-sari makanan dengan baik. Soalnya usus dan organ cerna lain bakalan sehat berkat serat ini.
8. Mengobati Kanker

Manfaat Kincung juga diyakini mampu mengobati kanker. Berbagai jenis kanker akan dihalau dengan berbagai macam vitamin dan mineral yang ada di dalamnya.
9. Menutrisi Kulit Wajah

Khasiat Bunga Kincung juga kaya dengan antiksidan dan vitamin C yang begitu baik untuk meremajakan kulit anda. Sebagai sebuah nutrisi kulit, meski dimakan banyak-banyak, sayuran bunga ini takkan menimbulkan efek ketergantungan. Seperti saat kita memakai produk kosmetik untuk kulit wajah. Ini sungguh aman.
10. Menambah Nafsu Makan

Manfaat Kincung diyakini akan menambah nafsu makan anda secara perlahan.

Komentar